PROFIL BIDANG TABLIGH DAN KAJIAN KEISLAMAN

Assalamu’alaikumWr. Wb.

A.    PENDAHULUAN

         Segala puji bagi Allah SWT. pemilik apa yang ada di langit dan di bumi, hanya Engkaulah yang patut kami sembah dan ibadahi, salam sejahtera semoga Allah SWT. senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.
         Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Uswatun Khasanah kita Muhammad Saw. yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman pencerahan hingga kita mengenal Islam.
       Pada periode kepemimpinan kali ini bidang tabligh dan kajian keIslaman ingin memberi gambaran tentang program kerja untuk satu tahun ke depan di komisariat Averroes. Kami mencoba merumuskan program kerja yang nantinya bisa kami jadikan alat untuk menggerakkan dan memajukan komisariat Averroes terkhususnya dapat memberikan manfaat bagi pimpinan dan kader dengan motto “Amal Ilmy, Ilmy Amaly” dimana program kerja yang kami rencanakan mencoba tetap mengacu pada Job Desk bidang tabligh dan kajian keIslaman itu sendiri dan GBHK bidang tabligh dan kajian keIslaman.
     Dalam mewujudkan kader yng siap berjuang dalam menyebarkan Islam, maka perlu adanya pembentukan Emosional, Spiritual, Intelektual dan Sosial yang baik. Semua ini sangat dibutuhkan dalam melakukan dakwah keIslaman khususnya bagi diri sendiri dan umumnya bagi orang lain. Dakwah ini dilakukan melalui “Amar ma’ruf nahi mungkar” dengan hikmah kebijaksanaan yang mengacu pada Al Qur’an dan Al Hadist.
      Bidang Tabligh dan Kajian KeIslaman pada periode ini lebih memperkuat internalisasi keIslaman sehingga nantinya terlahir kader-kader yang dapat menjadi teladan dan pelaku perubahan dalam tatanan kampus dan masyarakat. Perubahan dalam tatanan kampus dengan membumikan dakwah secara kolektif dengan menggandeng tiap-tiap komisariat melalui proses kajian rutin.
Harapannya semoga program kerja yang kami rencanakan dapat terealisasi dengan baik dan kami tetap istiqomah dalam mengemban amanah ini. Amin

B.    ARAH KEBIJAKAN PROGAM KERJA

Diarahkan pada penguatan berfikir Al Qur’an dan As Sunnah, dan penguatan wacana Bermuhammadiyah sebagai bagian dari misi dakwah amar ma’aruf nahi munkar

C.    GARIS – GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI

a.   Membangun suasana kampus yang islami dengan nilai – nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan
b.   Mengarus utamakan kajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan secara integral, komprehensif, dan
      berkesinambungan
c.   Menerapkan konsep GJDJ ( gerakan jamaah dakwah jamaah ) sebagai landasan dakwah IMM

D.    LATAR BELAKANG PROFIL BIDANG

    Kondisi keaparatan :
    Ketua Bidang          : IMMawan Taufik Aryadi
    Sekretaris Bidang    : IMMawan Nico Alamsyach
    Anggota                  : IMMawan Andiarta Muslim
        Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman atau yang dulu bernama Bidang Dakwah merupakan bidang yang sangat viotal didalam struktural Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman merupakan pelopor dakwah dalam gerakan ikatan sehingga keberadaan secara structural merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Kebutuhan bIdang Tabligh dan Kajian Keislaman berangkat dari kegelisahan minimnya aktifitas – aktifitas dakwah keislaman di lingkungan akademik. IMM sudah tidak bias lagi dengan hal yang semacam itu, sebagai organisasi dakwah Islam IMM mempunyai sebuah ikhtiar untuk menjadi kampus – kampus dan masjid – masjid sebagai misi gerakan dibidang keislaman dan sebagai bagian dari perkaderan IMM yang massif.