Profil IMM Komisariat Averroes Fakultas Teknik UMS

Selayang Pandang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat  Averroes tidak bisa dilepaskan dari seorang tokoh muslim, beliau adalah Abu al Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibn Rusyd atau lebih dikenal dengan nama Ibnu Rusyd. Ibnu Rusyd adalah seorang filsuf muslim yang berasal dari Andalusia. Namanya mulia diperbincangkan dalam wacana pemikiran di bidang filsafat terutama filsafat islam tetapi tidak hanya itu Ibnu Rusyd juga membawa kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dunia barat. Ibnu Rusyd lahir pada masa ( 520 – 595 H / 1125 – 1199 M ) atau tepatnya tahun 520 H / 1126 M di Cordova dalam kondisi politik yang kurang stabil dan bergejolak. Ibnu Rusyd atau dikenal dengan nam a Averroes, merupakan nama Ibnu Rusyd yang mengalami peralihan bahasa dari bahasa arab ke spanyol menjadi Averroes. Selain dibidang filsafat Averroes juga dikenal ahli dalam bidang tafsir Al Qur’an, fiqih, bahasa dan sastra, matematika, fisika, astronomi, logika filsafat, ilmu pengobatan hingga hukum dan ilmu kedokteran. Terinspirasi oleh tokoh Ibnu Rusyd yang ahli dalam segala bidang ilmu pengetahuan Pimpinan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik menamai Komisariatnya dengan nama Averroes dengan inspirasi tokoh Ibnu Rusyd, dengan harapan para kader – kader IMM tidak hanya mempunyai disipilin ilmu dibidang keteknikan tapi dalam segala aspek ilmu pengetahuan yang ada didunia ini. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Averroes terletak pada area yang sangat strategis yaitu disebelah utara GOR UMS dan sebelah barat Perpustakaan UMS atau tepatnya di Gedung F Lt. 1 Sayap Tengah Fakultas Teknik UMS. Dengan kondisi yang sangat strategis memudahkan kader – kader IMM selalu  aktif dalam membaca karena dekat  dengan perpustakaan dan di komisariat sendiri ada lebih dari 500 buku koleksi IMM. Cultur yang ingin atau kebiasaan yang khas di IMM Komisariat Averroes adalah religiusnya. Hal ini dilatarbelakangi setiap kali mendengar suara adzan kader – kader IMM mensegerakan untuk sholat dimasjid, maklum letaknya dekat dengan masjid dan menjadi background fakultas teknik UMS yang berwacana keislaman dan keilmuan. Dalam setiap periodenya IMM Komisariat Averroes selalu mengagendakan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa fakultas teknik UMS dalam rangka mengusahakan terbentuknya akademisi islam yang berakhlaq mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah yaitu masyarakat islam yang sebenar – benarnya. Averroes Sosial kegiatan yang bercirikan sosial atau humanitas, Darul Arqam Dasar yang bercirikan perkaderan IMM, kajian, diskusi, bedah buku, yang bercirikan intelektual, dan kajian ba’da Magrib sebagai cirri khas religiusitas kader IMM. Tentu untuk melaksanakan agenda tersebut IMM Komisariat Averroes mempunyai struktural atau dikenal dengan nama Pimpinan yang terdiri dari berbagai macam jurusan dan angkatan, dan berikut adalah Pimpinan IMM Komisariat Averroes periode 2014 – 2015 :

Ketua Umum                                       : IMMawan Muhammad Isnan Nur Ikhwan
Kabid Organisasi                                 : IMMawati Aisyah Hanifah
Kabid Kader                                       : IMMawan Nugroho Crisviantoro
Kabid Media dan Komunikasi            : IMMawan Sofyan Bayu Nugroho
Kabid Riset & Pengembangan            : IMMawan IMMawan Rizky Yakaria N.
Kabid Hikmah                                     : IMMawan Thohir Masruri
Kabid Sosial dan Pemberdayaan
Masyarakat                                          : IMMawan Umi Khoiriyah
Kabid IMMawati                                : IMMawati Winya Eriani
Kabid Tabligh & Kajian Keislaman    : IMMawan Taufik Aryadi
Sekretaris Umum                                 : IMMawati Listiani
Sekbid Organisasi                               : IMMawan Muh. Syukron Ma’sum
Sekbid Kader                                      : IMMawati Delta Mutiara
Sekbid Media & Komunikasi              : IMMawan Syaiful Arief
Sekbib Riset & Pengembangan           :IMMawati Siwi Murwani
Sekbid Hikmah                                   : IMMawati Gayuh Fitri Pamungkas

Sekbid Sosial dan Pemberdayaan
Masyarakat                                          : IMMawati Kamsi Nur O.
Sekbid IMMawati                               : IMMawati Winda Shynta P.
Sekbid Tablig & Kajian Keislaman     : IMMawan Nico Alamsyach

Bendahara Umum                               : IMMawati Aisyah Itsnaini
Staff Kader                                         : IMMawan Sony Cristian B.
Staff Media & Komunikasi                 : IMMawan Robby Setiawan
Staff  Sosial dan Pemberdayaan
Masyarakat                                          : IMMawati Muthiah Nur Fadlilah
                                                              IMMawan Digie Pradinata
Staff  IMMawati                                 : IMMawati Sakina Tunissa A.
Staff Tabligh & Kajian Keislaman      : IMMawan Andiarta Muslim

Dengan gambaran seperti itu jangan ragu lagi untuk bergabung dalam Keluarga Besar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Averroes. Perintah berorganisasi diperintahkan Allah Swt dalam Surat Ali Imran ayat 104 yang berbunyi :

وَلۡتَكُن مِّنكُمۡ أُمَّةٞ يَدۡعُونَ إِلَى ٱلۡخَيۡرِ وَيَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِۚ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ ١٠٤

104. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma´ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung
Dan ikatan ini merupakan ladang dakwah yang tepat untuk kalian para pejuang agama Allah, agama islam. Selamat datang didunia mahasiswa IMMawan/ti pewaris tampuk pimpinan umat nanti. Selamat datang kader umat, kader bangsa dan kader persyarikatan.
Tidak ada kebaikan beribadah yang tiada ilmunya
Dan tiada kebaikan ilmu yang tidak dipahami
Dan tiada kebaikan bacaan kalau tiada perhatian untuknya.
Abadi Perjuangan!!!!!!!.............................
Billahi fi sabilillhaq fastabiqul khoirot

Wassalamualaikum wr wb